Kesehatan / Pola Hidup Sehat · September 11, 2020

7 Cara Menghilangkan Pegal-pegal Di Kaki Paling Gampang

Kaki merupakan bagian tubuh yang bisa dikatakan paling banyak melakukan aktivitas. Setiap langkah kaki tentu membutuhkan energi yang tidak sedikit. Apalagi jika kaki digunakan untuk berolahraga atau sebagai penopang beban yang berat. Sudah pasti akan membutuhkan energi yang cukup sebab akan mudah pegal. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui cara menghilangkan pegal-pegal di kaki.

Rasa pegal pada kaki dapat timbul oleh banyak faktor. Selain sebagai penopang beban berat, kaki juga kerap digunakan untuk berdiri lama atau ditekuk dengan durasi yang lama. Keduanya dapat menyebabkan pegal pada kaki.

Gangguan pada peredaran darah juga kerap menjadi pemicu kaki mudah pegal. Tentu penanganan terkait hal ini  disesuaikan dengan pemicu dari rasa pegal itu sendiri. Sebelum mengobatinya, kenali dulu asal sakitnya. Dengan demikian, Anda bisa mengambil tindakan yang sesuai untuk mengatasi pegal pada kaki.

Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Di Kaki Paling Gampang

Sangat tidak nyaman jika terdapat kejanggalan pada tubuh sendiri. Terutama jika hal tersebut dirasakan pada kaki Anda. Ini akan menghambat beberapa aktivitas. Kita tahu bahwa kaki digunakan untuk menjangkau banyak hal. Berikut ini merupakan  cara menghilangkan pegal-pegal di kaki yang wajib Anda simak.

Baca juga:  Lakukan Tips Berikut Untuk Menjaga Tubuh Tetap Bugar

1. Istirahat Yang Cukup

Semua orang tentu membutuhkan istrahat yang cukup setelah melakukan berbagai aktivitas. Hal ini juga tentu bertujuan untuk mengistirahatkan anggota badan termasuk kaki. Kaki digunakan untuk berjalan dan berbagai aktivitas lainnya. Sudah sangat tentu akan mudah pegal jika diajak beraktivitas seharian. Dengan istrahat yang cukup, mampu meredakan rasa pegal.

2. Hindari Sepatu Yang Tinggi

Jika tidak ada aktivitas formal, sangat dianjurkan untuk menggunakan alas kaki yang rendah saja. Penggunaan sepatu yang tinggi cenderung mudah membuat kaki cepat lelah. Oleh sebab itu, tidak jarang beberapa orang membawa sendal cadangan agar bisa diganti sewaktu-waktu.

3. Kompres Dengan Air Dingin

Jika terasa cukup nyeri, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan pegal-pegal di kaki dengan kompres menggunakan air dingin. Setidaknya cara ini memberikan sensasi dingin dan rileks pada kaki Anda. Meski mengobati hanya sesaat, tapi sensasinya bisa membuat kaki kembali tenang dan tidak mudah bengkak.

Baca juga:  Tips Bangun Tidur Merasa Segar dan Bugar

4. Lakukan Pemijatan Ringan

Cara yang berikutnya bisa Anda lakukan dengan pemijatan. Cara ini paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang yang merasa kakinya pegal. Anda butuh teknik yang baik agar syaraf tidak terganggu. Cukup pijat dengan lembut agar dapat mengobati serta mengurangi rasa pegal.

5. Lakukan Peregangan / Pemanasan

Sebagian besar orang merasa kaki pegal ketika melakukan olahraga. Anda bisa meminimalisir rasa tersebut dengan melakukan peregangan sebelum aktivitas olahraga. Hal ini juga tidak untuk olahraga. Pada aktivitas apapun, ada baiknya luangkan waktu untuk melakukan peregangan sebelum mulai beraktivitas. Setidaknya, Anda dapat melakukannya saat baru bangun tidur.

6. Berikan Obat Nyeri

Jika rasa pegal menimbulkan demam maka bisa jadi ada peradangan pada kaki. Untuk mengatasi hal ini, cara untuk menghilangkan pegal-pegal di kaki yang tepat adalah dengan meminum obat anti nyeri. Anda bisa mengkonsumsi ibuprofen, paracetamol atau mungkin aspirin. Tergantung dari tingkat rasa sakit yang Anda rasakan.

Baca juga:  Cegah Diabetes Mellitus Tipe 2 Dengan Konsumsi Makanan Berserat

7. Berikan Obat Topikal

Pemberian obat topikal biasanya menjadi solusi paling mudah. Bahkan, beberapa orang menyukai cara ini untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki. Obat topikal sendiri dikenal sebagai obat oles di pasar-pasar.

Anda mungkin sering mendengar istilah balsem. Biasanya, obat topikal hadir dalam bentuk sediaan padat dengan sensasi panasnya. Sensasi panas itulah yang membuat kaki yang pegal bisa terasa lebih enteng.

Saat mengobati kaki yang pegal ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya. Dengan demikian, akan sangat mudah untuk menentukan cara mengobatinya. Sangat dianjurkan juga menempuh pengobatan dengan tanpa menggunakan obat. Anda bisa mencoba beberapa tindakan di atas.

Cara menghilangkan pegal-pegal di kaki seperti di atas sangat cocok bagi siapa saja yang punya aktivitas yang padat. Baik beraktivitas di rumah maupun di luar rumah. Cara di atas juga sangat mudah dilakukan sehingga kaki Anda bisa mendapatkan perawatan yang mudah dan cepat.