Dampak Buruk Kekurangan Serat Untuk Kesehatan

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk setiap orang mengonsumsi jenis serat yang satu ini. Hal tersebut dilakukan supaya kesehatan mereka terjaga dengan terpenuhinya kebutuhan serat di dalam tubuh setiap orang.

Bagaimana dengan Anda? Apakah kebutuhan serat Anda sudah terpenuhi? Atau, masih membutuhkan asupan serat? Jangan sampai ya. Sebab jika tubuh kekurangan serat maka akan menimbulkan beberapa dampak yang sangat merugikan bagi siapa pun. Dan sudahkah Anda tahu apa saja dampak buruk akibat kekurangan serat di dalam dunia kesehatan? Penasaran kan pastinya. Yuk jangan lama-lama mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Dampak Buruk Kekurangan Serat Untuk Kesehatan

1. Proses Pencernaan Anda Akan Terganggu

Tahukah Anda jika tubuh kekurangan serat maka akan mengalami gangguan pada proses pencernaan? Hal tersebut terjadi karena serat memiliki peran yang sangat penting di dalam proses pencernaan. Yakni terlihat pada sistem kerja serat pada pencernaan manusia yang mampu menanggulangi kurangnya air yang mengakibatkan feses menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan.

Baca juga:  Manfaat Serat Di Dunia Kesehatan

2. Kesehatan Usus Anda Terganggu

Kekurangan serat juga ternyata dapat mengakibatkan kesehatan usus terganggu. Gambaran singkatnya, jika Anda mengonsumsi serat sesuai kebutuhan, maka serat akan menanggulangi kekurangan air pada feses sehingga mudah untuk dikeluarkan bahkan ketika melewati usus sekalipun. Akan tetapi, jika Anda kekurangan serat, maka feses menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan. Demikian juga ketika melewati usus sehingga usus lebih besar kemungkinan mengalami radang.

3. Kolesterol Dalam Tubuh Meningkat

Serat memiliki peran yang sangat penting di dalam dunia kesehatan. Salah satunya adalah bahwa serat memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar kolesterol jahat yang da di dalam tubuh jika seseorang mengonsumsinya sesuai kebutuhan. Bahkan, peranan makanan tinggi serat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh membuat seseorang yang mengonsumsi makanan tersebut dapat terhindar dari penyakit kardiovaskuler. Sehingga, jika seseorang kekurangan serat, maka akan menimbulkan kemungkinan terjadinya kenaikan kolesterol di dalam tubuh.

4. Kesehatan Jantung Terancam

Jika seseorang kurang mengonsumsi serat, maka akan mengalami peningkatan kadar kolesterol. Di mana hal tersebut juga sangat mengancam kesehatan jantung orang tersebut. Sehingga, jika ingin kesehatan jantung tetap terjaga, maka rajinlah mengonsumsi serat sesuai dengan kebutuhan dan takaran. Bukan hanya mampu menjaga kesehatan jantung, dengan mengonsumsi makanan berserat seseorang juga dapat terhindar dari adanya inflamasi.

Baca juga:  Cara Turunkan Berat Badan Dengan Alami, Solusi Wujudkan Body Goals Melalui Diet Sehat!

5. Kadar Gula Darah Tubuh Tak Terkendali

Terpenuhinya kadar serat di dalam tubuh juga dapat menimbulkan kadar gula darah menjadi teratur. Sehingga, jika tubuh Anda kekurangan serat, maka akan menimbulkan dampak buruk berupa kadar gula darah tak terkendali di dalam tubuh. Dan kondisi yang demikian juga dapat menimbulkan seseorang yang kekurangan serat dapat terkena serangan penyakit diabetes sebab kadar gula darah yang tak terkontrol tersebut.

6. Berat Badan Semakin Meningkat

Serat juga memiliki kemampuan yang dapat menimbulkan perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu, jangan malas untuk makan makanan tinggi serat jika ingin berat badan Anda turun sehat. Sebab, jika tubuh Anda kekurangan serat, maka bukannya memiliki berat badan yang ideal tetapi justru memiliki berat badan yang terus meningkat. Sehingga sangat merugikan Anda yang sedang melakukan program diet. Dan bahkan, jika berat badan semakin over, maka akan menimbulkan penyakit bernama obesitas.

Baca juga:  Tiga Produk Minuman Serat Yang Bantu Penuhi Nutrisimu, Fibertine vs Fibershot vs FibreFirst

7. Menimbulkan Radang Pada Saluran Pencernaan

Untuk Anda yang menginginkan kesehatan saluran pencernaan tetap terjaga dan terhindar dari radang, maka rutin lah mengonsumsi serat sesuai kebutuhan karena akan menghindarkan Anda dari dampak buruk tersebut. Jangan sampai kekurangan serat yang nantinya akan menimbulkan kekurangan nutrisi pada tubuh Anda dan menimbulkan gangguan bernama radang di saluran pencernaan.

Nah, dengan mengetahui dampak buruk yang bermunculan akibat kekurangan serat, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran Anda akan pentingnya makanan berserat sehingga Anda akan terhindar dari dampak buruk yang telah dipparkan di atas. Anda dapat memenuhi kebutuhan serat yang pada umumnya terdapat di buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk semua….

Scroll to Top