Kesehatan / Pola Hidup Sehat · January 6, 2020

Hal-Hal yang Terkait dengan Penyakit Jantung Koroner

Seperti yang kita tahu, jantung adalah organ vital yang sangat penting bagi tubuh dan berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat nutrisi dan oksigen dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Namun seiring dengan bertambahnya usia, tingkat elastisitas pembuluh darah akan semakin menurun. Terlebih saat ini banyak serangan radikal bebas dan asupan makanan yang tidak terkontrol, maka terserang penyakit jantung koroner akan semakin besar. Faktor-faktor tersebut akan meninggalkan plak di mana akan menyumbat peredarah darah.

Istilah lainnya untuk penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung iskemik yang sampai saat ini menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Menurut survei, setidaknya 35 persen kematian yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Jumlah yang sangat besar, bukan?

Data tersebut tentu menjadi tamparan untuk kita agar selalu memperhatikan kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah mempelajari apa itu penyakit jantung koroner lebih dekat. Penyebab utama dari penyakit yang satu ini adalah munculnya plak di dinding pembuluh arteri. Ada sejumlah zat yang membentuk plak ini seperti kolesterol, kalsium atau fibrin yang biasanya terbentuk sudah sejak masih muda. Tak hanya itu, faktor usia yang semakin renta pun membuat pembentukan plak makin tinggi. Apabila tidak segera dilakukan pengobatan dan juga pencegahan, maka plak dapat menyebabkan elastisitas pembuluh darah arteri berkurang dan aliran darah jadi terganggu.

Baca juga:  Wow, Berikut Khasiat Serat Yang Perlu Anda Ketahui

Jika dibiarkan begitu saja, maka plak akan membuat pembuluh ariteri jantung menyempit. Akibatnya, suplai darah yang mengandung oksigen ke jantung makin berkurang. Jika sudah begini, resiko arteri koroner semakin besar dan tentunya diiringi serangan jantung yang semakin besar juga terjadinya.

Gejala Jantung Koroner yang Harus Diketahui

Anda harus tahu sejumlah gejala dari jantung koroner, supaya dapat melakukan penanganan dini.

  • Penderita gejala jantung koroner biasanya merasa tidak nyaman di daerah dada. Tidak hanya itu dapat juga rasa nyeri itu menyebar ke daerah rahang, leher, bahu, tangan, punggung bahkan di perut bagian kiri.
  • Seringnya muncul keringat dingin, muntah dan cepat merasa lelah.
  • Merasakan denyut jantung tidak stabil atau bahkan menyebabkan jantung berhenti apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian.
Baca juga:  5 Jenis Penyakit yang dapat Disembuhkan dengan Makanan Tinggi Serat

Sampai saat ini penyebab pasti munculnya plak di pembuluh arteri masih belum pasti, namun ada sejumlah hal yang bisa memperbesar risiko Anda terkena jantung koroner, seperti rokok, kolesterol tinggi dan diabetes. Tiga hal itu biasanya meningkatkan resiko plak yang cepat menebal.

Setelah mengetahui penyakit jantung koroner lebih jelas, Anda harus tahu ada beberapa cara mencegah penyakit ini, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan berserat. Apa saja? Simak di bawah ini:

Biji-bijian

Anda pasti sudah tahu jika biji-bijian adalah salah satu bahan makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih biji-bijian yang mengandung vitamin E tinggi sehingga dapat mencegah pembekuan darah. Bila Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka resiko serangan jantung dan stroke pun akan berkurang.

Baca juga:  Manfaat Serat Di Dunia Kesehatan

Minyak Zaitun

Minyak zaitan punya sifat pengencer darah yang baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengidap jantung koroner. Kandungan antioksidannya dapat membersihkan racun dari darah dan kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya pun dapat mengurangi peradangan.

Buah Beri

Fungsi dari buah beri ini tidak jauh dari stoberi atau blueberi yang sangat baik dikonsumsi oleh penyakit jantung koroner. Dikarenakan buah beri mempunya manfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan racun dari darah, sampai mencegah pembekuan darah.

Kacang Almond

Kacang Almond sangat terkenal dengan kemampuannya mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, Asam lemak omega dalam kacang almond pun sangat baik untuk jantung dan otak. Itulah mengapa kacang ini baik dikonsumsi untuk mencegah jantung koroner.

Itulah sejumlah hal tentang jantung koroner yang harus Anda ketahui. Bagaimana? Mulai sekarang Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan. Tidak lupa, terapkan juga pola hidup sehat supaya penyakit, baik itu karena usia ataupun yang lainnya dapat dicegah dengan baik. Semoga bermanfaat.