Kenapa Serat dapat Mencegah 3 Penyakit di Bawah ini?

Meskipun serat diketahui sebagai salah satu makanan non gizi, akan tetapi mengonsumsi makanan berserat juga sangat dianjurkan di dalam dunia kesehatan. Kenapa demikian? Dianjurkannya mengonsumsi makanan berserat tentu tidak tanpa alasan. Sebab, dengan kita mengonsumsi makanan berserat secara cukup, maka secara tidak langsung kita sedang berupaya untuk mencegah beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga, jangan sepelekan makanan dengan kandungan serat karena ternyata juga penting untuk kelangsungan kesehatan tubuh Anda.

Terutama untuk ke tiga penyakit yang akan kita bahas di bawah ini. Yaitu sakit jantung, sembelit, dan juga diabetes. Pasti salah satu pertanyaan yang menyelinap di benak Anda adalah kenapa serat dapat mencegah ke tiga penyakit tersebut? Apa hubungannya? Nah, utuk lebih jelasnya, yuk baca artikel ini sampai tuntas.

Kenapa Serat dapat Mencegah 3 Penyakit di Bawah Ini?

1. Sakit Jantung

Terkadang masih banyak orang bertanya-tanya apa hubungan makanan berserat dengan penyakit jantung. Lebih-lebih dengan pertanyaan benarkah mengonsumsi makanan berserat juga dapat mencegah penyakit jantung?

Jika Anda juga merupakan salah satu orang yang memeiliki unek-unek atau pertanyaan yang sama, maka jawabannya adalah benar, sebab dengan mengonsumsi makanan berserat, maka Anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca juga:  Cegah Berat Badan Tak Sehat Dengan Mengonsumsi Makanan Berserat

Kemampuan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh tersebutlah yang dijadikan sebagai salah satu dasar kenapa serat dapat menurunkan risiko diserangnya seseorang dengan penyakit jantung. Apa lagi sudah bayak pihak peneliti yang membenarkan hal tersebut.

Alasan lainnya kenapa konsumsi serat dapat mencegah penyakit jantung dapat diketahui dengan melihat kembali fakta bahwa mengonsumsi makanan berserat dapat menurunkan tekanan darah tubuh seseorang. Sehingga semakin kuat dalam meminimalisir risiko terserangnya penyakit jantung sebab tekanan darah yang tinggi juga menjadi salah satu pemicu kenapa seseorang mengalami serangan penyakit jantung.

2. Sembelit

Penyakit sembelit atau penyakit yang memiliki nama lain konstipasi ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan gangguan pencernaan yang mengakibatkan buang air menjadi tidak lancar. Gangguan sembelit atau konstipasi ini merupakan gangguan kesehatan yang paling sering terjadi ketika seseorang kurang mengonsumsi makanan berserat. Sehingga, kebiasaan waktu buang air besar yang biasanya teratur menjadi kacau atau berantakan jika asupan serat yang seharusnya cukup malah berkurang bahkan tidak terpenuhi. Kenapa demikian, sebab fungsi lain dari makanan serat di dalam tubuh seseorang adalah untuk membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam perut seseorang sehingga mudah dalam mengeluarkan feses tanpa pengerasan.

Baca juga:  Makanan Kaya Serat Bisa Cegah Arteroklerosis

Kemampuan lain dari serat itu sendiri seperti dapat merangsang gerakan usus juga membantu tubuh dalam mengolah sisa makanan. Sehingga, sisa-sisa makanan yang telah dicerna oleh tubuh Anda nantinya akan cepat keluar pula. Selain itu, sisa makanan juga menjadi lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh karena serat memiliki kemampuan dalam menyerap air sehingga serat juga dikatakan sebagai pelicin dalam proses pengeluaran feses.

3. Diabetes

Tahukah Anda kenapa mengonsumsi makanan berserat juga dapat mencegah penyakit diabetes? Apa kaitannya mengonsumsi makanan berserat dengan pencegahan penyakit diabetes?

Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung serat juga berperan sebagai pengendali kadar gula supaya tetap normal. Bukan hanya itu saja, makanan berserat juga baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena biasanya makanan yang mengandung serat tinggi tidak memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi. Bahkan, serat tersebut malah akan membantu mengendalikan kadar gula darah dengan cara menekan nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang untuk Anda. Dan tentunya hal tersebut akan mengakibatkan tidak banyaknya nasi atau karbohidrat yang dikonsumsi.

Baca juga:  Wow, Berikut Khasiat Serat Yang Perlu Anda Ketahui

Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan yang tidak memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi ini, maka secara otomatis Anda juga dapat menjadikan makanan berserat ini sebagai daftar makanan dalam upaya pencegahan penyakit diabetes.

Demikian penjelasan berkaitan dengan alasan kenapa serat dapat mencegah 3 penyakit yang mengancam kesehatan tubuh manusia yaitu sakit jantung, sembelit, dan juga diabetes. Semoga bermanfaat….

Scroll to Top