Tahukah Anda Bahwa Makanan Berserat Dapat Mencegah Penyakit Hernia

Sudahkah Anda menjalankan pola hidup sehat? Tentu setiap orang menginginkan supaya kondisi tubuhnya tetap sehat. Dan hal tersebut dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat yang di dalamnya termuat beberapa poin seperti pola istirahat, pola olahraga, dan juga pola makan.

Berbicara mengenai pola makan, terdapat banyak sekali asupan yang harus tubuh kita penuhi supaya tidak jauh dari kata sehat. Di antara banyaknya asupan yang harus kita makan salah satunya adalah makanan berserat. Dengan megonsumsi makanan berserat, maka kita akan tercegah dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit hernia yang akan kita bahas di bawah ini.

Apa Itu Penyakit Hernia?

Hernia dapat dikatakan juga sebagai penyakit turun berok yang memiliki definisis sebagai penyakit yang berupa turunnya usus sehingga menjadi menonjol di daerah selangkangan atau paha.

Lantas, bagaimana dengan gejalanya?

Gejala Penyakit Hernia

Penyakit yang juga menjadi penyebab munculnya keresahan oleh si penderitanya adalah penyakit hernia yang memiliki beberapa gejala sebagai berikut.

  • Sering merasakan nyeri di sekitar benjolan yang muncul akibat turunnya usus. Hal ini biasanya di rasakan ketika si penderita mengangkat atau membawa benda-benda berat.
  • Seiring dengan berjalannya waktu, ukuran benjolan tersebut akan semakin besar dari ukuran semula.
  • Benjolan yang muncul akibat dari turunnya usus tersebut pada umumnya muncul di selangkangan tubuh si penderita.
  • Sering merasakan rasa berat serta ketidaknyamanan di perut. Dan gejala ini sering dirasakan ketika si penderita dalam keadaan membungkuk.
  • Sering merasakan nyeri dada.
  • Disfagia. Istilah ini diberikan untuk gejala yang dapat berupa kesulitan untuk menelan.
  • Heartburn.
Baca juga:  Konsumsi Makanan Berserat Dapat Turunkan Risiko Berbagai Macam Penyakit Berikut

Meskipun penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang lebih sering menyerang kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan bahwa hernia juga dapat menyerang kaum wanita. Sehingga, entah pria atau wanita juga harus sama-sama mencegah hal-hal yang menyebabkan munculnya penyakit yang satu ini.

Sehingga, kita juga harus tahu apa saja yang menyebabkan munculnya penyakit hernia ini. Dan perlu Anda ketahui bahwa ternyata penyakit hernia dapat disebabkan akibat seseorang tersebut kekurangan serat di dalam tubuhnya. Kenapa demikian?

Alasan Kenapa Kekurangan Serat Dapat Mengakibatkan Penyakit Hernia?

Perlu Anda ketahui, bahwa hernia dapat terjadi karena penyakit sembelit atau konstipasi yang membuat si penderitanya mengedan terlalu kuat sehingga dapat pula menyebabkan usus menjadi turun. Sedangkan jika kita ingat-ingat kembali apa saja penyebab seseorang menderita penyakit sembelit atau konstipasi, maka akan ketahuan bahwa nantinya akan terdapat hubungan antara penyakit hernia dengan penyebab terjadinya konstipasi.

Baca juga:  5 Makanan Berserat Kaya Akan Manfaat

Seseorang dapat menderita konstipasi dikarenakan kekurangan serat. Kenapa demikian, karena serat di dalam tubuh berfungsi untuk melunakkan feses sehingga struktur feses tetap normal dan lancar ketika di keluarkan. Sedangkan jika seseorang kekurangan serat, maka akan mengakibatkan struktur feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan sehingga membuat seseorang terpaksa mengedan lebih keras dan hal ini lah yang terkadang dapat menyebabkan penyakit hernia,

Selain itu, fungsi serat lainnya adalah dapat merangsang gerakan usus. Dan hal ini lah yang menyebabkan feses-feses akan menjadi cepat keluar sehingga terhindar dari kata macet buang air besar. Jika proses pencernaan lancar, maka tidak akan ada kendala di dalam buang air besar. Maka dari itu, jika Anda ingin terhindar dari penyakit-penyakit tersebut, maka teraturlah mengonsumsi makanan berserat sesuai dengan kebutuhan yang dapat berasal dari beberapa jenis makanan berikut.

Baca juga:  Yuk Kenali Lebih Dalam Apa Itu Serat & Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis Makanan Yang Mengandung Serat

Beberapa jenis makanan yang mengandung serat berasal dari buah-buahan dan sayuran, seperti:

  • Brokoli,
  • Bayam,
  • Apel,
  • Pir,
  • Strawberry,
  • Pisang.

Dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui beberapa jenis makanan yang mengandung serat, maka diharapkan Anda tidak akan bingung dalam memilih makanan yang menjadi sumber serat tersebut. Sehingga, pola makan dengan makanan bergizi dan mengandung serat juga dapat Anda jalankan dengan baik.

Demikian penjelasan berkaitan dengan kebenaran bahwa makanan berserat dapat mencegah gangguan penyakit hernia yang merugikan dan tentu sangat mengganggu kesehatan dari masyarakat. Semoga bermanfaat….

Scroll to Top