Fakta Unik / Kesehatan / Pola Hidup Sehat / Serat · April 19, 2022

Tips Puasa Sehat Tanpa Masalah Pencernaan

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan istimewa dengan berbagai amalan khusus yang hanya ada selama bulan Ramadhan. Salah satu amalan wajib selama bulan Ramadhan adalah puasa dari sebelum matahari terbit hingga terbenam. Tidak makan atau minum saat berpuasa pasti membawa perubahan pada kebiasaan makan kita sehari-hari.

Puasa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika pola makan dan pilihan makanan Anda saat berpuasa tidak dikelola dengan baik, seringkali mereka mengalami gangguan kesehatan terutama pada gangguan saluran cerna. Masalah pencernaan yang paling sering dilaporkan selama bulan Ramadhan antara lain mulas, refluks asam dan sembelit/sembelit. Masalah pencernaan ini sering disebabkan oleh makan berlebihan setelah waktu yang lama dengan perut kosong atau mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan pedas.

Jika Anda menderita sakit perut, mulas, kembung atau sembelit, tentu akan membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu kekhidmatan ibadah selama bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips agar Anda bisa cepat sehat dan tanpa berbagai masalah pencernaan:

1. Hindari makan berlebihan

Salah satu poin puasa adalah menahan keinginan, termasuk nafsu makan yang berlebihan. Setelah berpuasa lebih dari 12 jam, berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Tidak jarang kita makan dalam porsi besar dan menginginkan menu yang beragam. Namun, makan terlalu banyak dan terburu-buru saat buka puasa dapat menyebabkan kram perut dan asam lambung. Anda harus memperlambat makan cepat dengan camilan dan tidak makan sampai perut terlalu kenyang.

2. Hindari makanan tinggi lemak

Setelah makan makanan berlemak dan gorengan, Anda sering merasa mengantuk dan lesu. Memang, tubuh harus bekerja keras untuk mencerna lemak dan mengeluarkan banyak energi. Lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh dan dapat menyebabkan sakit perut dan mual.

3. Tetap pada asupan serat

Anda Serat merupakan nutrisi penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Kebutuhan serat harian adalah 2530g, yang sulit dipenuhi pada hari-hari biasa dan puasa itu sendiri menjadi tantangan untuk memenuhi asupan serat karena frekuensi makan berkurang. Mendapatkan cukup serat juga dapat mencegah sembelit, kembung, dan mengurangi gejala asam lambung.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup serat dari diet harian Anda, Anda bisa mengonsumsi sebungkus FiberFirst di malam hari sebelum tidur. Jangan tidur tengkurap Melawan keinginan untuk tidur untuk makan sahur memang butuh usaha. Tak jarang setelah makan sahur, banyak orang memilih untuk tidur lagi. Sayangnya, berbaring tengkurap atau tidur terlalu dekat saat makan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti refluks asam dan mulas.

Article Source: 5 Tips Puasa Sehat dan Bebas Masalah Pencernaan

Sharing is Caring: